Cara Menyehatkan Organ Pencernaan

Jangan abaikan nasehat "berhentilah makan sebelum kenyang", karena ini bukanlah sekedar kalimat bijak. Hal ini karena kalimat tersebut berhubungan dengan kesehatan organ pencernaan.


Hasrat untuk mengenyangkan perut belum tentu berbanding lurus dengan kebutuhan sistem pencernaan. Selain itu, pola makan atau pemilihan makanan yang tidak sesuai juga dapat mengganggu kesehatan organ pencernaan, sehingga sistem pencernaan pun dapat terganggu.

Tips Menyehatkan Organ Pencernaan

Mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan pola makan yang baik, dapat membantu menyehatkan organ tubuh terutama pada organ pencernaan. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menyehatkan organ pencernaan adalah sebagai berikut :
  1. Makanan mentah dapat membantu diet anda. Meskipun diketahui bahwa makanan mentah berlawanan dengan intuisi, namun mengonsumsi buah, sayuran, dan kecambah mentah dapat membantu kerja sistem pencernaan jadi lebih mudah. Ini dikarenakan enzim yang terkandung pada makanan tersebut dapat membantu meningkatkan energi tubuh dan menyehatkan organ pencernaan.
  2. Jika anda mengonsumsi makanan penutup yang cenderung manis, maka tunggulah beberapa saat untuk melahapnya. Hal ini agar protein yang terkandung pada makanan kompleks seperti ikan, daging, maupun unggas tetap terjaga baik dan tidak dirusak oleh asupan gula.
  3. Konsumsilah vitamin B kompleks atau makanan bernutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi asam klorida.
  4. Apabila rentan terhadap bisul, hindari makanan atau suplemen yang mengandung hidroklorida betaine.
  5. Penuhi kebutuhan enzim pencernaan spektrum penuh untuk membantu pencernaan, seperti lipase (untuk lemak), laktase, amilase (untuk pati), protease (untuk protein). selulase, invertase (untuk gula) dan hemicellulase (untuk serat).
  6. Hindari makanan saat sedang stres, karena hormon yang ada pada saat stres dapat mengganggu pencernaan.
  7. Tmbahkan bahan rempah-rempah pada makanan anda, seperti jahe, lada hitam, dan cabe rawit karena dapat membantu sistem pencernaan.
  8. Saat perut kosong, konsumsilah suplemen probiotik spektrum, karena bakteri menguntungkan ini dibutuhkan usus untuk memproduksi nutrisi penting yang dapat mencegah masuknya infeksi jamur dan bakteri berbahaya dalam tubuh.
  9. Mengunyah makanan perlahan juga dapat membantu pencernaan karena berguna dalam meningkatkan produksi saliva atau cairan ludah, sehingga nutrisi dan vitamin yang keluar dan bercampur dengan saliva dapat membantu tubuh mendapatkan energi tambahan.
  10. Cairan ludah dapat membantu menghancurkan partikel makanan, sehingga mempermudah saluran pencernan dalam menyerap nutrisi, maka kunyahlah makanan dengan benar.

Cara Menyehatkan Organ Pencernaan